Investasi Uang THR Lebaran, Enaknya Kemana Ya?

 

Investasi THR Lebaran
Setelah menggunakan THR untuk keperluan seperti membayar cicilan, membeli kebutuhan pokok, membeli pakaian baru hingga zakat, detikers dapat menyisihkan uang THR untuk berinvestasi emas, reksadana, atau deposito. Berikut penjelasan mengenai masing-masing sarana investasi tersebut.

1. Emas
Emas merupakan salah satu investasi dengan risiko yang rendah. Menurut Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group, Andy Nugroho, emas bisa dibeli dari jumlah yang kecil, mulai dari 0,5 gram.
Ketika berinvestasi emas, perlu dipahami bahwa emas merupakan instrumen investasi yang membutuhkan waktu panjang. Sehingga, tidak bisa satu atau da bulan meraup keuntungan.
Menurut Perencana Keuangan dari Tatadana Consulting, Teja Sari, fluktuasi emas masih dibilang tidak besar. Harganya akan meningkat jika terjadi kondisi krisis atau tekanan di pasar saham

2. Reksa dana
Mengutip laman OJK, dalam skema investasi reksa dana, ada Manajer Investasi (MI) yang mengatur ke mana uang akan diinvestasikan. Dengan reksa dana, risiko investasi akan disebar ke berbagai produk atau instrumen. Hal ini membuat risikonya menjadi lebih rendah.
Besaran imbal hasilnya akan mengikuti produk reksa dana yang dipilih. Menurut Teja, reksa dana pasar uang mempunyai pergerakan yang relatif dan selalu positif. Meski, target return lebih kecil dibandingkan reksa dana lainnya. Sebelum berinvestasi, calon pembeli harus memahami risiko-risiko dan keuntungan yang bisa didapat ketika membeli produk reksadana.

3. Saham
Investasi saham dapat menghadirkan keuntungan saat perekonomian sedang tumbuh. Menurut Indonesia Value Investor, Rivan Kurniawan, ketika mulai berinvestasi saham, para investor bisa menikmati deviden yang kerap diberikan setiap tahunnya.
Namun, perlu diingat bahwa investasi saham tak selalu menguntungkan. Ada momen naik turun yang akan dialami investor.
Rivan mengatakan, ketika masuk ke instrumen tersebut usahakan untuk menginvestasikan dana pada saham blue chip dengan kondisi keuangan prima. Hindari berinvestasi di saham 'gorengan' sebab bisa membuat rugi. Menurut Andy, investasi saham bisa menjadi pilihan bagi orang-orang yang sudah berpengalaman dalam dunia investasi dan memiliki toleransi risiko yang tinggi.

4. Deposito
Deposito juga bisa menjadi salah satu investasi risiko rendah yang bisa dipilih. Deposito adalah salah satu produk penyimpanan uang di bank dengan sistem setoran. Penarikan uang dari deposito hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu.
Bagi detikers yang ingin menggunakan produk syariah bisa memilih deposito syariah. Deposito ini tidak menggunakan bunga melainkan prinsip bagi hasil. Besarannya sudah ditetapkan dalam akad ketika pembukaan produk, yaitu berupa presentase yang berfluktuasi mengikuti kinerja dan juga perolehan keuntungan bank pada jangka waktu tertentu.
Itulah empat sarana investasi yang bisa dipilih untuk mengalokasikan sebagian uang THR. Sebelum berinvestasi pastikan kamu sudah menimbang dan mengetahui kemungkinan risiko yang didapat ya.

Baca artikel detikfinance, "Investasi Uang THR Lebaran, Enaknya Kemana Ya?" selengkapnya https://finance.detik.com/perencanaan-keuangan/d-7269936/investasi-uang-thr-lebaran-enaknya-kemana-ya.

Back