Inilah 7 Keuntungan Digital Banking Berbasis Aplikasi

 

        Seiring dengan teknologi yang semakin canggih, muncullah istilah digital banking dimana seluruh layanan perbankan dapat dilakukan melalui smartphone. 

Keunggulan Digital Banking 

Perkembangan digital banking di Indonesia semakin pesat seiring berjalannya waktu. Di masa pandemi seperti sekarang, layanan digital banking makin diminati oleh masyarakat karena memberikan sejumlah keunggulan. Berikut ini beberapa keunggulan dari perbankan digital yang berbasis aplikasi. 

1. Lebih efisien

Bagi pelaku bisnis maupun individual, digital banking menjadikan aktivitas perbankan lebih efisien. Segala urusan yang berkaitan dengan perbankan dapat diselesaikan dengan cepat tanpa harus keluar rumah. Melalui platform digital, interaksi antara Bank dan nasabah dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun. Selain itu, Anda tak perlu mengeluarkan biaya untuk proses transaksi. 

2. Lebih hemat biaya

Seperti yang telah disinggung, bahwa perbankan digital lebih hemat biaya. Jika dibandingkan dengan cara konvensional, pemotongan biaya secara otomatis melalui aplikasi lebih terjangkau. Karena data kualitatif dan respon lebih cepat, maka biaya transaksinya pun lebih rendah. Selain itu, pengolahan bank tradisional lebih rentan terhadap kesalahan manusia dan memakan waktu lama. 

3. Lebih akurat 

Salah satu keunggulan dari tren perbankan digital adalah akurasi yang meningkat. Melalui pelayanan konvensional, kesalahan dapat terjadi akibat human error. Sementara dengan teknologi berbasi IT, urusan keuangan bisa lebih akurat karena seluruh prosesnya dilakukan oleh sistem operasi yang berbasis aplikasi. 

4. Fleksibel

Bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi, teknologi digital banking memberikan kemudahan dalam bertransaksi. Anda tak perlu membawa uang tuaik dalam jumlah banyak untuk melakukan transaksi ketika bepergian jauh. Bahkan, untuk membayar transportasi, hotel, hingga restoran pun bisa Anda lakukan secara digital. Selain itu, Anda dapat melakukan pemesanan layanan produk melalui smartphone. 

5. Bisa membuka tabungan secara online

Berbeda dengan sistem konvensional yang mengharuskan Anda datang ke kantor cabang untuk membuka rekening, Anda bisa melakukan pembukaan tabungan secara online dengan adanya digital banking. Pembukaan tabungan secara online memungkinkan Anda untuk membuka rekening kapan pun dan di mana pun. Anda hanya perlu melampirkan foto identitas dan dokumen lainnya yang diperlukan untuk membuka tabungan. 

6. Meningkatkan pemahaman kebutuhan nasabah

Hadirnya teknologi digital di sektor digital memungkinkan bank untuk memperluas jangkauan dengan membangun hubungan yang lebih dekat. Dengan adanya platform CRM, pihak bank dapat melacak riwayat pelanggan dan melakukan komunikasi online lainnya. 

7. Berbagai macam promo

Kehadiran sistem perbankan digital membuka kesempatan untuk mendapatkan promo atau diskon dari setiap pembelian. Sebab, banyak program diskon yang diberikan oleh e-commerce maupun brand-brand lainnya yang bekerja sama dengan pihak perbankan. Melalui layanan digital ini, Anda juga bisa lebih menghemat pengeluaran.

 

Inilah 7 Keuntungan Digital Banking Berbasis Aplikasi (invelli.com)

Back